Kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Informasi Geospasial dan Jabatan Fungsional Surveyor Pemetaan di Provinsi Jawa Tengah ini ditujukan untuk menyosialisasikan segala peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan informasi geospasial secara umum dan mengenai Badan Informasi Geospasial secara khusus. kegiatan ini hanya dilakukan dalam satu sesi dengan menghadirkan langsung tiga pembicara serta satu orang moderator.
Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala Biro Perencanaan, Kepegawaian, dan Hukum (Kabiro PKH), F. Wahyutomo, pada pukul 9:00 WIB. Dalam sambutannya, Kabiro PKH, menjelaskan secara umum mengenai keterkaitan antara fungsi informasi geospasial dan pemetaan batas wilayah administrasi daerah.
Setelah sambutan dari Kabiro PKH, sesi berikutnya adalah sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Asisten Administrasi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah (Sekda Jateng), yang mewakili Sekda Jateng, Edy Joko Pramono.Berikutnya adalah penyerahan cenderamata dari BIG kepada BKD Provinsi Jawa Tengah, yang diwakili oleh F. Wahyutomo dan Edy Joko Pramono.

Sebelum dimulai kegiatan diskusi, dilakukan terlebih dahulu pembacaan doa oleh Bapak Enjang Faridl pada pukul 9:45 WIB.
Setelah sesi pembukaan, sesi selanjutnya adalah acara inti, yaitu kegiatan diskusi. Bertindak sebagai moderator, Eka Kurniawan. Ada empat pembicara dalam diskusi ini dengan empat kategori berbeda:
1.    Akbar Hiznu Mawanda,
2.    Kepala BKD Jawa Tengah,
3.    Sigit Murjati danM. Hasannudin Yusa, Bagian Kepegawaian dan Organisasi BIG, dan
4.    Enjang Faridl, Balai Diklat BIG
Dalam hal ini, Akbar Hiznu Mawanda memberikan arahan dan menyosialisasikan gambaran umum mengenai Informasi Geospasial. Selain itu, ditampilkan pula video animasi yang menggambarkan serta menjelaskan mengenai tugas dan fungsi BIG. 
Dalam sesi diskusi ini diberikan pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawaban sebagai berikut:
1.    Apabila mengikuti jabatan fungsional surta, bagaimana kelak penugasan yang diberikan oleh kepala yang bersangkutan? Kemudian bagaimana pengembangan dari  jabfung surta?
2.    Apakah Ina-Geoportal sudah memiliki sebaran kepegawaian? Kalau sudah ada terhubung dengan mana saja, kalau belum ada apakah bisa dibuatkan, dan apa saja persyaratan yang diperlukan untuk membuat data sebaran kepegawaian?

Suryanto:
-    Di Semarang saat ini sudah memiliki 4 formasi yang termasuk dalam jabfung surta, mohon arahan dari BIG untuk memberikan masukan terkait pengembangan mereka.

Aziz, Bappeda Kabupaten Demak:
-    Banyak yang tidak berminat terhadap posisi jabfung surta, karena mereka tidak tahu bagaimana penempatan posisi jabfung surta pada struktur organisasi, lalu apa sajakah keuntungan dari jabfung surta?

BKD Kabupaten Sragen
-    Bagaimana cara mengikuti diklat yang diselenggarakan di BIG? Sistemnya bagaimana dan apa saja yang dibutuhkan untuk mengikuti diklat surta di BIG?

Sigit Murjati:
-    Untuk impasing ke kepmenpan 134 itu sudah tidak ada. Hal ini karena impasing itu dilakukan apabila jabatan fungsional itu belum ditetapkan. Peluangnya ada karena pada tahun ini kami sedang mengajukan revisi. Jadi, nanti jabatan fungsional surveyor pemetaan akan dibagi:
1.    Keterampilan, namanya jabatan fungsional surveyor pemetaan; dan
2.    Keahlian, namanya jabatan keahlian informasi geospasial.
Nanti, dari BIG akan memfasilitasi bagi yang berkenan masuk ke dalam jabatan tersebut.

Enjang Faridl:
- &...