Sosialisasi Dan Diseminasi Peraturan Perundang Undangan Di Bidang Informasi Geospasial Di Hotel Grand Serela Medan Sumatera Utara, Kamis 6 Agusstus 2015

By: Bagian Hukum | Posted on: 20 Aug 2015


Kamis, 6 Agustus 2015, untuk kesekian kalinya, Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai penyelenggara utama Informasi Geospasial Dasar (IGD), menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Informasi Geospasial kepada daerah-daerah. Kegiatan sosialisasi dan diseminasi yang diselenggarakan kali ini mengambil tema “Pemetaan Batas Wilayah Administrasi dan Pemetaan Tata Ruang Daerah untuk Pembangunan Berbasis Informasi Geospasial”.

Kegiatan sosialisasi dan diseminasi yang digagas oleh Bagian Hukum BIG ini diadakan di Hotel Grand Serela, Medan, Sumatera Utara dan masih merupakan rangkaian dari kegiatan Bagian Hukum BIG dalam rangka sosialisasi mengenai kinerja salah satu Lembaga Pemerintah Non-Kemeterian ini sepanjang tahun 2015. Tidak hanya Bagian Hukum BIG, kegiatan sosialisasi dan diseminasi ini juga melibatkan unit-unit lain di lingkungan BIG seperti Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim (PPRT), Pusat Pemetaan Batas Wilayah (PPBW), Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPPIG), Pusat Pemetaan Tata Ruang dan Atlas (PPTRA), Kelompok Kerja Citra Satelit Resolusi Tinggi (Pokja CSRT), serta Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama (PPPKS). Kegiatan ini juga turut mengundang perwakilan dari berbagai pihak terkait seperti dari Satuan-satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) dan perwakilan-perwakilan dari Badan Pemerintahan Daerah (BAPPEDA) Provinsi/Kabupaten/Kota.

Ada tiga hal yang menjadi pembahasan dalam pertemuan ini:
1)    Paparan mengenai Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial,
2)    Paparan mengenai Pemetaan Tata Ruang menggunakan Informasi Geospasial Dasar (IGD) dan CSRT, dan
3)    Paparan mengenai Pemetaan Batas Wilayah Administrasi.

Ketiga tema yang dibawakan terbagi menjadi dua sesi dengan pembicara-pembicara sebagai berikut:
1.    Sesi I mengenai Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial, pembahasan dibawakan oleh Kepala Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial, Khafid.
2.    Sesi II mengenai Pemetaan Tata Ruang menggunakan Informasi Geospasial Dasar (IGD) dan CSRT dibawakan oleh empat pembicara:

1)    Kepala Pusat PTRA, Mulyanto Darmawan;
2)    Pokja CSRT, Murdaningsih;
3)    Staf PPRT, Eli Juniati;
4)    Kabid Tataruang dan Pengelolaan Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Poppy M. Hutagalung, dan
3.    Sesi III mengenai Pemetaan Batas Wilayah Administrasi dibawakan oleh Kabid Pemetaan Batas Wilayah Administrasi, Guridno Bintar Saputro.
 

Sosialisasi dan Diseminasi Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Informasi Geospasial dengan tema “Pemetaan Batas Wilayah Administrasi dan Pemetaan Tata Ruang Daerah untuk Pembangunan Berbasis Informasi Geospasial” dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan, Kepegawaian, dan Hukum (PKH) BIG, F. Wahyutomo, yang mewakili Sekretaris Utama BIG pukul 9:00 WIB. Pembahasan diawali dengan sesi I tentang Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial. Sesi II membawakan materi mengenai Pemetaan Tata Ruang menggunakan IGD dan CSRT. Sementara itu, sesi III membicarakan Pemetaan Batas Wilayah Administrasi.

Pemetaan batas wilayah adminstrasi dan tataruang daerah merupakan suatu unsur penting dalam pembangunan suatu daerah yang mendasarkan kepada kesejahteraan masyarakat di daerah yang bersangkutan. Semakin baik penataan suatu daerah, semakin baik pula tingkat kesejahteraan penduduk di daerah tersebut. Hal ini karena...

Sebarkan